Mengenal Manfaat Temulawak Untuk Empedu

Mengenal Manfaat Temulawak Untuk Empedu

Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat temulawak untuk mengatasi batu empedu. Berbicara mengenai batu empedu tentu Anda sudah tidak asing lagi mengenai hal tersebut. Batu empedu ini sendiri tidak sama dengan batu ginjal. Jika batu ginjal berada di organ ginjal, maka batu empedu berada di dalam kantung empedu. Lantas, bagaimana cara mengatasi batu empedu tersebut? Sebagai solusinya, Anda bisa menggunakan manfaat temulawak untuk empedu. Ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari temulawak untuk mengatasi masalah empedu.

Penyakit empedu ini sendiri merupakan sebuah cairan yang dihasilkan oleh hati untuk melarutkan kolesterol dan lemak dalam pencernaan sehingga dapat diserap tubuh dengan baik melalui usus halus. Sementara kandung empedu digunakan untuk menampung cairan tersebut agar saat tubuh makan banyak kolesterol dan lemak tubuh dapat melarutkan dan mengolahnya.

Hanya saja kantung empedu bisa menimbulkan masalah jika terjadi penumpukan kolesterol karena tubuh terlalu banyak mendapatkan asupan lemak jenuh dan kolesterol. Tidak heran jika kristal-kristal batu empedu terbentuk sehingga dapat menyebabkan infeksi pada saluran empedu. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah batu empedu tersebut? Umumnya, untuk mengobati batu empedu dilakukan dengan cara menjalankan operasi.

Mengenal Manfaat Temulawak Untuk Empedu

Namun, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengatasi masalah yang satu ini secara alami dengan menggunakan temulawak. Temulawak merupakan tanaman herbal yang sudah digunakan secara turun-temurun. Tanaman ini memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat membantu mengatasi penyakit batu empedu tersebut. Selain itu, terdapat pula kandungan kurkumin yang dapat menstimulasi batu empedu agar dapat keluar dari tubuh.

Untuk itu, Anda bisa minum ekstrak temulawak secara rutin sampai empedu benar-benar dapat hilang. Ada baiknya Anda juga memperbanyak konsumsi air putih setidaknya 8 gelas atau lebih setiap harinya. Pasalnya, air putih merupakan cairan yang paling baik untuk tubuh. Kemudian sebisa mungkin untuk menghindari soft drink atau minuman bersoda.

Sangat penting bagi Anda juga untuk mengonsumsi makanan berserat tinggi. Organ empedu sendiri termasuk sebagai sistem pencernaan. Tidak heran apabila Anda disarankan untuk lebih banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain sebagainya. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat akan membantu Anda meningkatkan kesehatan pencernaan. Selain itu, konsumsi juga minuman ekstrak temulawak secara rutin agar penyakit batu empedu dapat hancur secara cepat tanpa perlu menjalani operasi.