Tali Tross Kapal

Standar Konstruksi dan Packing Tali Tross Kapal

Dalam dunia perkapalan, penggunaan tali tross kapal sudah tidak asing lagi. Tali ini kerap dipakai banyak kapal yang sedang berlabuh di dermaga agar prosesnya mudah saat merapat. Dimana dalam prosesnya pun harus memakai sejumlah tali penambat untuk memudahkan kapal kecil sampai besar bisa merapat ke dermaga tanpa ada hambatan.

Jika saat ini perusahaan Anda memang akan memakai tali tross, sebaiknya gunakan tali dengan kualitas bagus serta berkualitas. Setidaknya penganggaran tali yang berkualitas ini juga harus mengacu standar konstruksi dan sistem packing yang layak. Dengan jaminan keduanya bisa didapatkan secara bagus, maka kualitasnya akan bisa dimaksimalkan di area industri Anda.

Standar tali tross yang sudah sesuai dengan kapasitas resminya adalah 220 mtr dalam setiap gulungannya. Pada setiap gulungan yang dinamakan coil ini juga harus dikemas layak. Bahan pengemasan setidaknya pada tiap gulungan akan dibungkus plastik berbahan polycloth. Yang mana pengemasan yang sesuai juga akan terus melindungi kualitas tali, tidak rusak dan akan tahan lama meski disimpan dalam jangka tertentu.

Adapun standar konstruksi tali tross secara umum yaitu:

3 STRAND

Dalam sistem konstruksi tali tross kapal berkapasitas kecil hingga besar, dengan bahan serat PP Monofilament serta PP Multifilament yaitu berukuran 6 mm hingga 36 mm. Karena bahan dalam ukuran ini memang mudah sekali dianyam dan memiliki daya fleksibilitas yang lebih tinggi. Kekuatan pilinan dan kekerasan tali memang ditentukan oleh pembuatnya.

4 STRAND

Konstruksi pada jenis tali 4 strand memang memiliki kekuatan yang lebih besar. Bentuknya biasanya lebih bulat dibandingkan dengan tali yang memiliki 3 strand. Pemakaian jenis tali ini biasanya digunakan pada tali tambang dan jenis tali HDPE.

8 STRAND

Sedangkan dalam ukuran ini biasanya terdapat pada ukuran tali tross yang besar dan berdiameter diatas 40 mm. Pembuatannya juga berbeda karena 4 strand akan dipilin ke sisi kanan dan 4 strand ke sisi kiri. Hanya tali marine saja yang memakai kontruksi 8 Strand di dunia perkapalan.

Itulah konstruksi tali tross kapal yang bisa Anda ketahui. Bukan hanya harus memahami ukuran dan kekuatannya saja, pilihan tali sesuai kebutuhan industri Anda juga sangat menentukan kapasitas yang akan didapatkan kedepannya. Silahkan order ke distributor yang menyediakannya secara lengkap, karena sudah pasti kualitasnya sudah melalui uji produk yang resmi.